About Me

5 Tips Memilih Dokter Gigi yang Tepat untuk Anak-anak


Pada usia anak-anak memang tidak bisa dipungkiri jika mereka masih belum bisa menjaga kesehatannya sendiri dengan baik, itulah mengapa orang tua yang memiliki peran penting di dalam merawatnya. Bukan hanya masalah kesehatan tubuh saja, melainkan yang tidak kalah penting adalah kesehatan gigi, karena bagaimanapun juga bagian tubuh yang satu ini terbilang sangat sensitif, apalagi ketika masih usia anak-anak memang pada dasarnya mereka senang mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman manis, juga masih jarang menggosok gigi. Sehingga harus secara rutin memeriksakan kondisi gigi mereka ke dokter gigi yang tepat.

Bahkan dalam masa pergantian antara gigi susu dan juga gigi tetap ini nantinya harus benar-benar diperhatikan, apalagi jika sudah berhubungan dengan bentuk atau posisi mereka, karena kerapian gigi tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan buah hati bukan. Jadi nantinya mereka tidak akan menyesal dengan posisi giginya ketika sudah dewasa nanti . Hanya saja hendaknya orang tua juga tidak boleh sembarangan di dalam memilihkan dokter untuk perawatan gigi anak-anak, berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Sebaiknya utamakan untuk memilih dokter gigi untuk anak-anak, mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya apakah bedanya antara dokter spesialis gigi biasa dan juga khusus untuk anak-anak ini bukan. Sudah pasti berbeda karena memang jika dilihat struktur mulut dan juga gigi anak-anak berbeda, sehingga butuh penanganan secara khusus atau tidak boleh sembarangan, ini sangat berkaitan dengan kenyamanan mereka dalam mendapatkan perawatan tersebut. Jika memilih yang khusus untuk anak-anak, maka nantinya Anda bisa mendapatkan konsultasi yang lebih tepat terkait dengan pertumbuhan gigi pada buah hati tersebut.
  2. Memilih dokter yang tepat berarti juga harus memilih rumah sakit terbaik, hampir semua rumah sakit atau bahkan puskesmas pastinya memiliki dokter spesialis gigi ini, hanya saja hendaknya Anda mencari yang benar-benar tawarkan fasilitas lengkap, sehingga nantinya perawatan atau pengobatan yang dilakukan juga berlangsung secara optimal.
  3. Pilihlah yang reputasinya baik, bagaimanapun hal yang berhubungan dengan kesehatan ini sifatnya sangat riskan, sehingga jika seandainya ada beberapa pasien yang sebelumnya mengeluhkan penanganan kesehatan d rumah sakit tersebut bahkan sampai dengan kasus malpraktek, baiknya Anda tidak melakukan pengobatan kesana, apalagi untuk anak-anak, karena sangat riskan. Reputasi dari rumah sakit ini sangat mempengaruhi kualitas pengobatan atau pelayanan yang diberikan, jadi harus dicek terlebih dahulu.
  4. Pertimbangkan jadwalnya juga, cari tahu terlebih dahulu jadwal dari dokter yang dimaksud tersebut, apalagi jika seandainya orang tua juga ikut kesana memastikan pengobatan pada buah hati mereka, namun bermasalah dengan kesibukan. Untuk itu maka harus mengatur jadwal yang benar-benar tepat terlebih dahulu.
  5. Cari tahu biaya dan juga pembayaran yang dapat dilakukan ke dokter tersebut, akan jauh lebih baik jika seandainya pembayaran juga dapat mengandalkan asuransi kesehatan maupun dengan memakai BPJS, sehingga nantinya akan terasa lebih ringan bagi Anda yang memilikinya. Apalagi tidak jarang diantaranya untuk rumah sakit yang sudah terkenal biaya pengobatan kesana juga sangat mahal.


Mudah bukan memilih dokter gigi untuk anak yang tepat. Apalagi di usianya yang masih sangat dini maka mereka juga begitu rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan gigi, mulai diantaranya adalah karies, kemudian juga gigi tanggal lebih awal, perubahan warna gigi, gigi berlubang dan masih banyak lagi diantaranya.

Post a Comment

0 Comments