About Me

Profesi Terbilang Baru Dengan Gaji Besar Di Indonesia, Ada Profesi Apa Saja?


Ada banyak cara untuk memiliki keahlian dibidang digital, salah satunya dengan mengikuti pembelajaran blended learning di bidang ilmu yang disukai. Teknologi digital menjadi salah satu faktor banyaknya berbagai profesi baru dibutuhkan. Tidak heran karenanya, jika berbagai profesi baru yang muncul sangat erat kaitannya dengan dunia digital.
Sumber gambar: pixabay

Dengan adanya dunia digital, saat ini cukup mudah untuk mencari lowongan pekerjaan. Bahkan beberapa diantaranya menawarkan pekerjaan yang bisa dilakukan di dalam rumah, dengan kisaran gaji yang tidak kalah besar. Lalu jenis profesi apa saja yang terbilang baru, dan tentunya memiliki prospek gaji besar saat ini?

SEO specialist
Kamu tentu mengenal mesin pencari bernama Google, Yahoo, Bing, atau lainnya. Di berbagai mesin pencari tersebut, setiap harinya ada berjuta-juta jiwa yang mencari informasi. Mesin pencari menjadi salah satu kanal pemasaran yang paling, serta mustahil untuk diabaikan dikala era digital saat ini. Karenanya saat ini banyak ahli SEO (search engine optimization) semakin dibutuhkan, khususnya untuk berbagai perusahaan besar yang memanfaatkan digital.

Meski banyak dibutuhkan, kalian satu ini masih terbilang langka. Sehingga tidak heran jika gaji untuk spesialisasi satu ini terbilang besar, bahkan bisa lebih dari 2 digit.

Web developer
Maraknya penggunaan internet kala ini membuat perusahaan harus menyasar ranah digital. Mau tidak mau berbagai perusahaan saat ini menggunakan fasilitas digital untuk jangkauan pemasaran yang semakin luas. 

Hampir semua perusahaan pasti memiliki situs daring, berupa website. Karenanya saat ini orang dengan keahlian web developer sangat dibutuhkan, untuk membuat website perusahaan tersebut menjadi semakin menarik. Kisaran gaji untuk profesi ini juga terbilang besar, biasanya gajinya berada di atas 20 juta. Ada banyak tempat kuliah online yang menawarkan pelatihan di bidang satu ini.

Data Scientist
Di tengah booming-nya dunia internet, terlahir jutaan aplikasi maupun platform yang digunakan oleh masyarakat. Data pengguna internet yang semakin meluas kini menjelma menjadi big data, tentunya akan sangat berharga jika dapat diolah dengan baik. 

Berbagai data yang dikumpulkan dari pengguna internet sangat bermanfaat, dan tentunya dapat mengefektifkan strategi pemasaran. Untuk mengolah data tersebut, sebuah perusahaan biasanya memanfaatkan tenaga Data Scientist.

Seorang Data Scientist mampu membaca data mentah menjadi sebuah informasi dan bermanfaat untuk pengembangan bisnis perusahaan. Profesi yang satu ini tentu tidak akan ditemukan di tahun sebelum era digital. Gaji untuk data Scientist juga terbilang tinggi, karena profesi ini masuk kategori langka (orang ahli dalam bidang data Scientist cukup langka).

Social Media Specialist
Di era digital, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai sosial media. Social media merupakan salah satu alat yang banyak membawa perubahan pada kegiatan komunikasi masyarakat. 

Untuk dapat memanfaatkan sosial media seefektif mungkin, tentunya untuk kegiatan pemasaran sebuah perusahaan, maka dibutuhkan social media specialist. Dengan adanya keahlian satu ini, maka strategi pemasaran melalui media sosial dapat terlaksana dengan lebih optimal. Untuk mendapatkan keahlian ini, kamu bisa mengikuti blended learning di bidang social media specialist.

Food Stylist
Meski zaman dulu ada jasa food stylist, namun keahlian bidang profesi satu ini biasanya sekedar untuk kebutuhan materi iklan (produk makanan atau rubik masakan di majalah). Namun di era digital ini, peran food stylist saat ini semakin meningkat. 

Saat ini ada banyak orang yang memanfaatkan keahlian food stylist untuk kegiatan bisnis mereka, tentunya untuk pemasaran di bidang digital (seperti konten iklan digital). Untuk tarifnya sendiri, profesi yang satu ini menawarkan tarif yang cukup besar. Karena masih terbilang langka, seorang food stylist di Indonesia biasanya dihargai Rp 50 juta untuk satu proyek.

Digital Marketers
Ada banyak kuliah online yang menawarkan pelatihan di bidang ini, yakni keahlian untuk menjadi seorang digital marketers. Jika pada zaman dahulu kita hanya mengenal televisi, radio, atau media cetak untuk kegiatan promosi, namun saat ini kenal digital menjadi salah satu favorit untuk melakukan kegiatan promosi. 

Untuk menjadi seorang digital marketers yang baik, diperlukan keahlian strategi media sosial, SEO, sehingga produksi konten digital yang efektif untuk digunakan. Tuntutan skill untuk keahlian satu ini memang terbilang lengkap, tidak heran karenanya jika gaji yang diterima seorang digital marketer terbilang besar (kisarannya bisa lebih dari Rp. 20 juta).

Selain beberapa profesi di atas, profesi lainnya seperti Animator atau Make Up Artist juga masuk kategori profesi baru di era digital ini. Kedua profesi tersebut juga menawarkan gaji yang cukup besar, hal ini sejalan dengan skill yang dibutuhkan serta langkanya keahlian dalam bidang tersebut.

Jika ingin mencoba berbagai profesi tersebut, Ada banyak tempat pelatihan yang menawarkan keahlian di berbagai bidang ilmu di atas. Kamu juga bisa memilih jenis pembelajaran blended learning, khususnya untuk para karyawan yang tidak banyak memiliki waktu luang.

Post a Comment

0 Comments