About Me

5 Hal yang Harus Anda Lakukan untuk Memaksimalkan Kipas Angin AC


Perangkat pendingin ruangan merupakan salah satu produk yang saat ini terbilang laris manis. Pasalnya, dengan semakin tingginya gejala global warming yang terjadi di bumi membuat suhu udara panas semakin terasa. Dari sinilah maka produk pendingin ruangan di pasaran semakin banyak dicari oleh masyarakat. Tidak hanya mengalami peningkatan permintaan, tapi perangkat pendingin ruangan sekarang juga banyak bermunculan varian jenisnya. Bila dulu kita memang hanya mengenal kipas angin dan Air Conditioner (AC) sebagai produk pendingin ruangan. Maka saat ini kita akan mendapati beberapa produk terbaru. Beberapa produk pendingin ruangan terbaru tersebut antara lain air humidifier, air purifier dan juga air cooler atau kipas angin AC.
Diantara beberapa produk pendingin ruangan yanga ada, kipas angin AC menjadi salah satu perangkat yang banyak dicari. Dengan segala kelebihan yang dimiliki memang wajar bila kipas angin AC kemudian banyak diminati masyarakat. Namun sayangnya meski kipas angin AC ini banyak yang meminati, banyak dari pemiliknya yang belum mengerti cara untuk memaksimalkannya. Padahal memaksimalkan kinerja kipas angin AC ini sangatlah penting. Sebab ketika perangkat ini bekerja maksimal maka akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Maka dari itu Anda yang memiliki kipas angin AC sudah seharusnya bisa memaksimalkan perangkat ini. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja kipas angin AC.
Kipas Angin AC

1.      Tempatkan Kipas Angin AC di Ruang dengan Sirkulasi Udara yang Baik
Pertama, cara memaksimalkan kinerja kipas angin AC adalah dengan menempatkannya di ruangan yang tepat. Ruangan yang tepat untuk menempatkan kipas angin AC ini adalah ruangan terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Mengapa harus di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik? Sebab, udara lembab yang ditiupkan kipas angin AC tidak menyebabkan munculnya beberapa penyebab penyakit seperti baketri, jamur, virus dan parasit. Penempatan kipas angin AC di ruang dengan sirkulasi buruk memang akan membuat munculnya beberapa penyebab penyakit tersebut. Jadi Anda yang tidak ingin di rumah muncul penyebab penyakit maka pastikan Anda menempatkan dan menyalakan kipas angin AC di ruang yang seharusnya.
2.      Jangan Tempatkan Kipas Angin AC Dekat Perangkat Elektronik
Berikutnya, cara memaksimalkan perangkat kipas angin AC ini adalah tidak menempatkannya di dekat perangkat elektronik. Mengapa demikian? Sebab, uap air yang basah dan lembab yang disemburkan kipas angin AC bisa membuat rusak perangkat elektronik yang ada didekatnya. Perangkat elektronik yang harus dijauhkan dari air memang membuat Anda tidak boleh menyalakan kipas angin AC dekat perangkat elektronik.
3.      Jangan Dekatkan Pula Kipas Angin AC dengan Benda Berlogam
Selain dilarang menyalakan kipas angin AC dekat perangkat elektronik, Anda yang ingin memaksimalkan perangkat ini juga disarankan tidak mendekatkannya dengan benda berlogam. Dengan alasan yang sama yakni uap air yang lembab dan basah dari hembusan kipas angin AC maka bila Anda menyalakan perangkat ini dekat benda berlogam, maka benda berlogam ini nantinya akan bisa menjadi berkarat.
4.      Selalu Bersihkan Kipas Angin AC Minimal Sebulan Sekali
Selanjutnya, Anda yang ingin memaksimalkan perangkat kipas angin AC harus rajin membersihkan perangkat ini sekali dalam satu bulan. Untuk membersihkan perangkat ini terbilang mudah, karena Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Yang harus Anda lakukan hanya membersihkan filter dan juga tangki tempat air dingin. Dengan rutin membersihkan kipas angin AC ini sebulan sekali maka perangkat pendingin ruangan ini akan selalu berfungsi optimal saat digunakan.
5.      Pastikan untuk Selalu Mengecek Keberadaan Air Dingin dalam Tangki
Terakhir, cara memaksimalkan perangkat kipas angin AC adalah dengan selalu persediaan air dingin dalam tangki. Kinerja kipas angin AC ini memang terletak pada keberadaan air dingin dalam tangki. Maka jika air dingin di dalam tangki habis, maka agar kipas angin AC bisa bekerja, Anda harus mengisi tangki dengan menambahkan air dingin. Bagaimana bila air dingin dalam tangki tidak ditambah? Tentu saja hal ini akan menyebabkan kerusakan pada perangkat kipas angin AC. Sebab air dingin pada tangki yang kosong bisa menyebabkan panas berlebih pada perangkat dan lama-lama akan membuat kerusakan.

Post a Comment

0 Comments